Selasa, 11 Januari 2011

Allah Maha Memudahkan (fa in kaana mu`assiran fa yassirhu)

Kurang lebih lima tahun lalu aku mulai mengenal pengobatan ala Rasulullah. Ketika itu, aku masih kuliah. Pulang kuliah sering aku sempatkan ke toko buku Mentari, Jatinangor. Dan di sanalah surga dunia itu…hehehe lebay. Di toko itu aku menemukan buku berjudul Kedokteran Islam. “Wah, menarik nih musti beli,” kataku waktu itu sambil milih-milih buku yang lain juga (padahal yang dibeli mah cuma dua :D )

Dari buku itu aku mulai ber-O. Banyaaaaaaaaak banget yang baru kutahu tentang agamaku ini, terutama dalam bidang medis.

Beberapa waktu setelah lulus, aku mendengar di radio MQ bahwa akan ada pelatihan untuk terapis BRC (waktu itu masih Bandung Ruqyah Center, sekarang Bekam Ruqyah Center). Ada keinginan untuk daftar, namun terhalang oleh beberapa alasan :

1. jauh (adanya di Bandung Timur, aku tinggal di Bandung Barat)

2. bingung biayanya dari mana

3. ada beberapa interview sama sekolah-sekolah juga penerbit

4. gak bisa ninggalin mamah sendiri di toko

5. gak bisa ninggalin madrasah

6. cukup ah…ntar kalo banyak suka dibilang banyak alasan :D

Yah, akhirnya keinginan memperdalam ilmu sehat ala Rasulullah ini pun menguap (hhooooaaaaamm…ups tutup ah).

Sekitar dua tahun lalu, ternyata di Padalarang pun sudah mulai dibuka cabang BRC. Yowes coz aku belum pernah merasakan hijamah (bekam) aku pergi ke BRC Padalarang di Caringin.

dari situ aku ber-O lagi…oooooh begini yang dinamakan bekam teh?!!! *manggut-manggut.

(save dulu…ntar mo diedit. sekarang ud malem, besok musti bangun pagi…jaga stamina juga…heuh meni sok pisan hehehehe)

—nah…mari kita teruskan…btw tadi sebelum maghrib, aku dan teh maria saling bekam dulu, kita nyobain tekhnik memakai pena jarum,,,ternyata aku lebih suka terus g copot2>>naon c nya??kitu we lah hese diterangkeun euy :D —

saat itu aku lupa siapa yang pertama nge-bekam punggungku d BRC, cz saat itu katanya suka di rolling antar-cabang, jadi tiap bulan terapis-nya pasti berbeda.

sebenarnya pengen bgt bisa rutin dibekam, tp suka males dateng k tempat terapinya. yah akhirnya aku dibekam cuma kalo lagi g enak badan aja.

pada suatu hari…

seperti biasa suka ada yang telpon (dulu pas pertama c via SMS), pihak BRC Padalarang suka ngontrol gitu, nanya gimana kesehatanku skrg? yah pokoknya pertanyaan yg gitu2 deh.

awal tahun 2010 ini aku berencana buka les bahasa Inggris di rumah. beberapa hari mau kumulai les itu, pihak BRC Padalarang telpon…loh, ada apa gerangan aku ditelpon? padahal udah tiga bulan aku gak ke sana. duh…jangan2 mo ditegor cz g rutin terapi. aih…ternyata…..to be continued ah capek heuheu

ok…lanjuuuuuu…………t mameeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen (ich amit2 dah ni bahasa)

ternyata yang nelpon adalah kepala cabang BRC Padalarang, Abu Raghif.

singkat cerita…saya menjadi bagian dari BRC (alhamdulillah…akhirnya bisa belajar ngebekam :) )

pertama belajar nge-bekam…wuih…gemeter, cz takut salah…ah tapi kt Ummu Raghif jgn takut salah, kita semangat belajar!!! sedikit demi sedikit…gemetarku hilang, tp masih sk deg2an cz ni kan nyangkut nyawa orang juga (denger punya denger ada yg pernah sampe meninggal…TAPI bukan karena bekam…camkan ya…BUKAN KARENA BEKAM sodara-sodara!!!—begini ceritanya…dulu di BRC pusat ada yg udah parah banget keadaaannya, keluarga si pasien maksa pgn nyoba bekam buat yg udah parah ntu, padahal pihak BRC sendiri udah nolak mentah2…y emg udah waktunya blio meninggal kan ya…)

gimana ya…emg c banyak yg bilang, “Rani, kenapa g ngajar aj? kan lebih enak ngajar daripada kerja kayak gitu (bekam).” hmmm…ya ya…tapi jujur nih ya aku sendiri lebih enjoy sekarang loh…swear deh ^_^v

dulu emang jam kerjaku g sebanyak sekarang (dulu 24 jam/ bulan dengan gaji ehem rahasia ah hehehehe ya alhamdulillah gt bs ngajak jalan2 se RT –rumah tangga maksudnya–garing pisan nya :( ) sekarang jam kerjaku….hmm…seven days a week deh, 8jam perhari. kalo dibandingkan c y emang lebih capek sekarang…tapi g tau juga cz yg aku rasain bukan capek sekarang mah, cuma gampang ngantuk (jam 8 udah tepar). nah kalo dulu, walo cuma 2jam/hari aku kok ngerasa suka g enak body terus…mungkin karena hati yg kerja…maksudnya dulu agak g sreg klo sekarang…alhamdulillah bawaannya seneng aja kerja d BRC, nih y…diantaranya yang bikin aku enjoy :

1. lingkungan yg kondusif (islami)–untuk beberapa waktu aku kehilangan lingkungan seperti ini selepas lulus dari kuliah…aku kangen bgt…y mungkin aj aku enjoy karena udah nemuin apa yg aku kangenin :)

2. ikut andil dalam menghidupkan sunnah Rasulullah ;)

3. bisa hidup sehat…–banyak nasihati pasien y harus nerapin dulu sama diri sendiri,,,y toh?!! contohnya bilang k pasien, “Bu, minumnya perbaiki ya…minimal 8 gelas perhari.” nah…sebelumnya aku berusaha nerapin nasihat ini k diri pribadi :)

4. dapet konsumsi PC gratis (hehe af1 y, pak…rani suka ambil PC 2 tiap disuruh konsumsi herbal :D ),,,alhamdulillah jerawatku berkurang loh…ayo konsumsi PC!!! ;D

5. nah ini yg paling aku suka…di-do`akan pasien…subhanallah walhamdulillah, udah banyak pasien yg mendo`akanku segera ketemu jodoh yg shaleh…aamieeeen *_* (jazakumullah ibu, teteh, mbak…smua pasien akhwat…semoga do`a antunna mustajab :) )

6. banyak deh pokoknya…ayo belajar bekam temans…mmm…minimal dibekam aja dulu deh ;D

yah…begitu lah kisahku dengan BRC. ke depannya…aku berharap…tahun 2015 sudah diresmikan hospital syari`ah…juga semoga nanti vaksinasi dapat diganti dengan vaksin halalan thayyiban…agar ibadah pun semakin terasa afdlal ;)

pak Masran, t’ Nur, t’Maria, kang Sulis, kang Agih…jazakumullah…semoga dapat menjadi team yg solid :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar