Senin, 31 Januari 2011

Suamiku, Dia Siapa?

oleh : Ratih Rismawati


Hampir lima tahun kita menikah, alhamdulillah Allah memepercayai kita dengan anugrah terindah untuk meramaikan perjalanan kehidupan kita.

Pagi itu, semua pekerjaan sudah selesai ku kerjakan mulai dari nyuci lantai sampe nyuci genteng, hehe...sedikit lebay..sekarang waktunya ngajak belajar Putri Annisa Shafa Azahra; anakku untuk belajar sambil bermain, biar ga boring. Usianya menginjak 4 tahun. Home schooling, rencana yang aku dan suami terapkan untuk Nisa dan adik-adiknya kelak, so ga usah ke PG ato Ke PAUD, cukup dari kita berdua.

“ ’Yang...bawa buku gambarnya ke ruang TV ya” panggilan sayang untuk Nisa. “Bundaa..buku gambaynya di lemayi keyja Ayah...Ica ga bisa ngambil Bunda..ketinggian..” cadelnya Nisa ga bisa bilang “r” itu “l” malah bilang “y”.

"

“oh bekas kemaren malem ma Ayah ya..tunggu bentar ya..biar bunda ambilkan” aku langsung bergegas ke kamar kerja suamiku, ngambil buku gambarnya Nisa. “Ini diaa,, ayo sayang..keruang tv”ajak ku sama Nisa yang ngebuntutiku kemanapun aku pergi, tapi mataku menangkap sebuah benda yang tak asing lagi..hehe..”iih.. si Ayah lupa bawa HP, eh ada smsnya..buka jangan ya..buka aja deh” bisikku.

“a..jadi ketemuan hari ini?”

Isi pesan tersebut,

Ada sms dari yang namanya Annisa. Isinya ngajak ketemuan sama suamiku. DEG...jantungku langsung berdegup kencang. Duhai Allah..apa ini maksudnya...Astagfirullah...aku mencoba husnudzon sama suamiku. Mungkin kliennya pikirku.

***

Beberapa hari kemudian, suamiku Dani,, tak pernah menyinggung-nyinggung perihal sms tersebut. Padahal pasti dia tahu klo sms-smsnya sudah aku baca. Aku pun hanya diam menunggu penjelasannya...tapi mungkin juga ini bukan hal apa-apa.

“ kenapa sih bunda...cemberut terus” kata suamiku memulai percakapan.

Lagi-lagi aku diam, sebell!!!kok bisa-bisanya setelah beberapa hari baru ngerasa kalo istrinya lagi bete. “Bunda...kalo ada masalah tu yaa bilang ma Ayah, jangan diem aja, kan Ayah ga tau kalo Bunda cemberut gara-gara apa”

“Ayoolah Bundaaa...”panggil suamiku dengan manja.

“Annisa itu siapa ‘Yah?” kataku memulai pembicaraan.

“hmmm ....Annisa kan anak kita Bunda..”candanya

“Bukaaaaaann..itu loh yang suka smsin Ayah”

“Cuma temen Bun,kenapa?oh...Bunda cemburu yaa...”

“kok dia sering sms ayah ya..namanya sama lagi sama putri kita”tanyaku penasaran

“Bukan sering Bunda, tapi cuma beberapa kali, itu pun karena ada perlu aja” jawab suamiku datar.

“terus...”

“Lho kok terus..ya udah cuma itu..ga ada lagi”

Akupun tersenyum lega. Bisa menarik nafas panjang. “iiiihh Bunda kok mesem-mesem gitu, lain kali kalo ada apa-apa tuh cerita ma ayah jangan dipendem ah..ga baik” kata suamiku sambil mengusap rambutku.

“iiihh ayah!!!lagiaan...sms an sama akhwat..mencurigakan”

Kami pun tertawa.

***

Sebagai ibu rumah tangga, aku juga memiliki sampingan dengan membuka toko busana muslimah, maklumlah lumayan untuk bantu-bantu suami. Menjelang Ramadhan ini, banyak konsumen yang memesan baju serta aksesorisnya. Selain sebagai penyedia barang, aku juga sebagai produsen kecil-kecilan dengan menjahit baju.

“Nisa mau ikut Bunda belanja barang?” ajakku. Biasanya aku hanya memesan saja sedangkan untuk barangnya langsung di antar sama agennya. “ Bunda...Ica mau main di yumah nenek aja...capek kalo ikut Bunda...”katanya ekspresif. “heiii..tumben ga ikut ‘Nak, biasanya ngerengek-rengek kalo ga di ajak”

“Di yumah nenek ada Mas Fahrul sama Mas Ivan..nda...”

“Iya...nanti bunda beliin oleh-oleh yaa”

“oleh-olehnya yang banyaaaak ya bunda” pinta Nisa.

***

Tubuhku rasanya lelah sekali, seharian puter-puter keliling nyari bahan katun murah meriah kok sekarang sulit ya, ga kayak bulan kemaren, masih bertebaran di pasar baru. Sekarang harga sayuran mahal, bahan baju juga ketularan mahal, heuheu...

Kurebahkan tubuhku, mumpung Nisa masih di rumah neneknya, tidur bentar ah..

“Bunda bikinin Ayah mie rebus dong!” kata suamiku minta tolong

Mataku baru terpejam 15 menit dan seolah alam sadarku menolak untuk bangun. “ Yah..bunda capek banget, bikin sendiri aja ya” jawabku entah masih dalam keadaan sadar atau memang sudah dibawah alam sadar.

“Wah bunda, kalo kayak gini mah, Ayah harus cari Istri lagi buat ngeback up bunda niy..hehe...”kata suamiku dengan nada bercanda seperti biasa.

Aku langsung terperanjat, seolah-olah dapat kekuatan baru untuk bikin sebuah mie rebus.

“idih..sok aja atuh kalo mau cari istri lagi mah, kalo dapet ya untung,,kalo ga dapet ya alhamdulillah” aku sembari ketawa.

“Ampuh juga ternyata buat bangunin bunda. Hehe...inget lho bunda, cinta bunda ke Ayah ga boleh melebihi cinta bunda ke Allah..yaaa”

***

Di Suatu Sore yang disapa gerimis kecil. Susana yang nyaman untuk bercengkrama dengan keluarga tercinta, melepas lelah dengan aktivitas seharian penuh ditemani teh hangat dan kue ringan menambah sempurna kala itu.

“ Bunda tau annisa kan...temen Ayah itu” suamiku sedikit mengingatkan tentang Akhwat yang mengiriminya sms beberapa bulan yang lalu.

“Iya..yang dulu Ayah ceritain kan, kenapa gitu ‘Yah?”

“Kemarin Ayah ga sengaja ketemu lagi Bun, sempet ngobrol panjang lebar,,,ternyata suaminya meninggal sewaktu studi banding ke Batam”

“Innalillahi...kapan ‘Yah”

“dua bulan yang lalu, ayah juga baru tahu pas ketemu”

Kami sempat terdiam beberapa saat.

“Kasian Bun, anaknya ada 4, 3 perempuan dan satu laki-laki..masih kecil-kecil” lanjut suamiku.

Aku hanya diam, aku malah membayangkan kalo aku ada diposisi Annisa, kita ga akan tau apa yang terjadi besok.

“Bundaaa ini pajeyna gimana Ca ga bisa bundaa....” kata-kata Nisa membuyarkan lamunanku. Ku bantu Nisa menyelesaikan puzzle baru dari Ayahnya. “ Oh..iya terus gimana annisanya sekarang Yah?”

“ya ga gimana-gimana, dia ngajar di PAUD tiap senin sampe kamis, anaknya dititipin sama ibu mertuanya” jawab suamiku.

“hmmmm”aku menghela nafas

“beliau sepertinya butuh tambahan penghasilan untuk masuk sekolah anak sulungnya ke SD” sambung suamiku.

“pas banget Yah, toko bunda kan lagi rame-ramenya tuh..ajak aja biar nemenin ceu dede, bantuin bunda juga”

“Ayah pikir juga sama Bun, biar anaknya bisa dibawa ke toko juga”

“tar ayah bilangin aja sama Nisa nya”

“enggalah...bunda aja yang ngehubungi beliau, ntar bunda cemburu lagi, hehe...”

“iya sip..sip”

***

Satu tahun menjelang, Annisa putriku sudah mulai masuk TK.

Sms diterima.

”teh..aku ijin ga masuk ya...ijal anak paling kecil sakit”

Seketika aku langsung menelpon balik Annisa, “Assalamualaykum...Ijal sakit apa teh Nisa?” kataku khawatir.

“Cuma demam biasa teh”

“oh iya..jangan lupa di bawa kedokter ya teh”

Setelah satu minggu kemudian, namun Annisa msih juga belum masuk kerja. Aku jadi benar-benar khawatir. Hpku bergetar, ada telfon masuk..eh si Ayah “Assalamu’alaykum Bunda,,Ayah harus pergi seminar di beberapa tempat untuk tiga hari ini, tapi Ayah khawatir sama ijal..putranya Annisa,udah semingguan ini masuk rumah sakit..tolong tengokin ya Bun...makasih bunda...” kata suamiku di sebrang sana.

“Kok Ayah lebih tahu banyak tentang keadaan Nisa ya ketimbang aku”bisiku dalam hati.

Segera aku berkemas, membawa segala sesuatunya untuk menengok Nisa dan Ijal di rumah sakit,”Mudah-mudahan Ijal ga papa Ya Allah...”

***

“Bunda sibuk terus ya sekarang, sampe ga pernah bikinin teh anget buat Ayah” canda suamiku.

“hehe...lumayan Yah, bunda udah dipercaya sama konsumen-konsumen bunda,,banyak orderan deeeh”jawabku senang. Hasil akhir yang selalu aku nantikan, meskipun awalnya ragu tentang usahaku ini, tapi lumayanlah Allah memberikan kesempatanNya untuk ku berikhtiar.

“waah...ini mah harus nikah lagi kayaknya”seperti biasa, suamiku selalu mengopinikan tentang poligami, entah hanya sebatas bercanda ataukah memang sedang mempersiapkan aku untuk menghadapinya.

“hehe...”aku hanya tertawa kecil, mungkin karena sering ngobrol tentang poligami jadi udah ga terlalu kaget. “poligami itu ladang pahala loh Bun, bukan buat bunda aja tapi buat Ayah juga”

“iya bunda tau Yah...tapii siapin mental bunda dulu kalo ayah mau nikah lagi, oke”

“wuiii...tumben bunda bijaksana, ga ngambek-ngambek kalo Ayah singgung nikah lagi”

“hehe..”

“Selain itu buat ladang dakwah juga Bun”

“iyaa..nanti kalo ladangnya udah siap panen bunda minta hasilnya yaa, hehe...”

“husttt....poligami tu syari’at yang dipilih Allah SWT untuk kemaslahatan ummat-Nya bukan malah merugikan pihak perempuan. Allah telah menjadikan jumlah lelaki lebih sedikit dari wanita. Seandainya lelaki hanya dicukupkan dengan seorang wanita, tentulah banyak tersisa wanita yang tidak mendapatkan suami, sehingga memaksa mereka berbuat zina. Dan berpaling dari al-Quran, ada hadisnya loh Bun,..tanda-tanda kiamat itu diantaranya., berkurangnya ilmu, banyaknya kebodohan yang tampak, zina dimana-mana dan wanita menjadi banyak, sedangkan lelaki menjadi sedikit, hingga seorang lelaki berbanding dengan lima puluh wanita,riwayatnya Mutafaqun ‘alaihi...”suamiku menjelaskan tentang esensi poligami sesungguhnya.

“terus...”

“umumnya seluruh wanita selalu siap untuk menikah. Dan sebaliknya, banyak lelaki yang tidak memiliki kemampuan melaksanakan konsekwensi pernikahan karena merasaakan kefakirannya. Sehingga kaum lelaki yang siap menikah lebih sedikit dari wanita”

“teruuus”

“aah bunda mah ngeyel niy...hayooo”

“engga iih,,terus gimana lagi Yah”

“dengan poligami tuh dapat mengangkat kemulian wanita yang suaminya meninggal sedangkan dirinya tidak memiliki seorang pun dari keluarganya yang dapat menanggungnya. Sehingga dengan poligami ada yang bertanggung jawab atas kebutuhannya..”

“ya nyarinya yang duda lagi atuh yah, atau yang masih single jangan yang udah double doong”kataku lagi

“kan nyari pahala meraih surga Bun,,,nanti kalo suaminya sedang di istri yang lain, semakin banyak waktunya juga buat berdua-duan sama Allah”

"mmmm" aku cuma tersenyum meringis

***

Malem ini suamiku mendapat telfon dari Annisa, Ijal masuk ke ruang ICU, kondisinya semakin kritis, aku ga bisa ikut menemani, soalnya Nisa anakku belum tidur, kasian juga kalo harus di ajak ke rumah sakit.

Perjuangan Annisa tanpa seorang suami menurutku excellent banget, pagi sampe sore, bahkan sampe malem banting tulang untuk menghidupi ke empat anaknya, apalagi dua anaknya sudah masuk sekolah. Namun tak sedikitpun kata lelah dari ucapannya, inner beauty nya terpancar setiap saat, bahkan ketika aku mengeluh capek dan ga bisa bagi waktu,, Annisa yang selalu menyemangatiku. Shalat rawatib dan dzikirnya pun tak ketinggalan disela-sela waktunya saat bekerja di toko. Malemnya masih sempet bikin kue kering untuk menambah-nambah penghasilan. Subhanallah...

Sekarang Ijal..sibungsu terkena leukimia, innalillahi...kayaknya Allah sayang banget sama Nisa, ujiannya menurutku luar biasa.

“Bunda...Ayah kasian sama Annisa, Ayah pengen nolong tapi ga bisa” percakapan seminggu yang lalu sebelum Ijal masuk ICU. “Bolehkah Ayah menolong Nisa..Bunda” lanjut suamiku.

Aku langsung meneteskan air mata, dadaku sesak..aku juga ga tau kenapa”lho..kok bunda nangis...kalo bunda ga setuju juga ga apa-apa..ayah ga mau lihat bunda nagis”

Aku hanya terdiam, air mataku tak hentinya menetes. Bukan inginku untuk terus mengeluarkan air mata...

***

Satu bulan berlalu, meskipun sudah tidak diruang ICU lagi, namun kondisi Ijal tidak ada perubahan. Ijal semakin hari semakin kronis saja. Aku ga tega lihat Annisa kesana-sini sendirian. Hanya Ibunya dan tiga orang anaknya yang menemani. Ibu mertuanya kini hanya meluangkan sedikit waktu untuk Annisa dan cucu-cucunya.

Suamiku juga sering membantu menjaga Ijal di rumah sakit dan menyuruh Nisa dan Ibunya untuk pulang istirahat, kasian juga ketiga anaknya yang lain kalo lama ditinggalin dan kurang perhatian dari ibunya. “Ya Allah...” jeritku dalam hati

“Bunda udah nengok Ijal ‘Yah..semakin kronis...”

“oh...iya..barusan Ayah juga dari sana”

“bunda setuju sama tawaran Ayah...” tiba-tiba kuberanikan diri untuk mengatakan ini,meski hatiku sedikit sesak.

“Tawaran mengenai apa Bun?” suamiku tampak bingung.

“Tawaran Ayah mau nolong Annisa,,, bunda setuju Ayah nikah sama Nisa”

“Udah..bunda istirahat aja ya, jangan ngomongin ini lagi ya..”

Deg!!! Hatiku semakin ga karuan,, semua perasaan bercampur jadi satu. Entahlah....

Mungkin memang waktunya juga ga tepat.

***

“innalillahi wa inna ilaihi rojiuun...”suamiku telfon kalo Ijal udah meninggal, tubuhku langsung terkulai lemas. Ijal sudah aku anggap sebagai anakku sendiri,,..tawanya..senyumnya...manjanya...kini ga akan aku temui lagi...

“Ada apa teh Ira??” tanya Ceu Dede, salah satu karyawanku.

“Ijal meninggal Ceu...”

“innalillahi wa inna ilaihi rojiun...”

Kutitipkan Nisa putriku ke neneknya dan bergegas menuju rumah Annisa. Sesampainya disana, aku heran sama Annisa, wajahnya malah terlihat tenang dan lega, tidak ada gurat penyesalan atau kekecewaan. “Nisa ga papa kok teh” jawabnya sambil tersenyum.

“Bener Teh Nisa ga apa-apa?”

“Ijal udah bahagia dan udah tenang di rumah abadiNya, jadi Nisa sekarang ga khawatir teh” wajahnya begitu tegar dan semakin menampakan keistiqomahannya. “Teh Nisa.....Teh Ira pengen deh kayak Teteh..”

namun Nisa hanya membalas dengan senyuman.

***

Beberapa bulan kemudian, dengan segala resiko dan kemantapan hati yang telah aku putuskan, aku membiarkan Suamiku dan Nisa untuk saling meyakinkan niatan mereka untuk menikah. Aku juga sudah yakin dengan apa yang aku putuskan setelahnya.

“Sayaang...”pangilku dengan manjanya..

“Apa Bunda?”jawab suamiku sambil mengelus rambutku

“Jika Ayah bahagia, Bunda pun ikut bahagia..jika Ayah senang..Bunda juga ikut senang”

Kusiapkan segala sesuatunya mulai dari baju pengantin yang sederhana sampe makanan ala kadarnya untuk beberapa tamu. Nisa pengen sesederhana mungkin.

“Bunda...makasih ya Sayang...”

Aku hanya mengangguk tersenyum, “Bunda ga bisa nganter Ayah dan ga bisa ngehadirin akadnya Ayah”

“iya ga apa-apa Bunda”jawab suamiku dengan simpulan senyum terindah tidak pernah aku lihat sebelumnya.

Sampai tiba waktunya, hari pernikahan suamiku dengan Annisa. Aku ga tau apa yang dipikirkan suamiku, seharian ini kami saling diam, sampai beberapa jam menuju pernikahannya, aku mengutarakan niatan ku juga. Ku keluarkan secarik kertas, berisi surat cerai yang sudah ku daftarkan di pengadilan agama dan tinggal menunggu sidang saja. Suamiku sangat kaget endingnya seperti ini.

“ Ayaah...Bunda mungkin ga ‘ngeh kalo dalam pertemanan antara kalian masih ada rasa, walaupun hanya nol koma persen...bunda juga tau kalo Annisa itu orang yang tepat buat Ayah...dan Bunda akan melakukan apapun untuk orang yang bunda cintai, termasuk mengijinkan Ayah menikah dengan orang yang Ayah cintai”kataku terbata-bata.

“Astagfirullah Bunda...kalau kayak gini Ayah ga mau, ga usah ada pernikahan kalo kayak gitu!!!” suara suamiku mulai meninggi.”Bunda..orang yang minta cerai itu ga kan mencium wanginya surga!!!” kata-katanya kali ini semakin membuatku sesak.

“Ayah mau membuat Nisa kecewa, dan malu karena Ayah menggagalkan pernikahannya..hmmm?”aku mulai membuatnya sedikit lebih tenang

“Ayah ga mau berpisah sama Bunda sama Nisa juga putri kita, bunda ga kasian sama Nisa ...masih kecil bunda”

“Ayah..tetaplah Ayahnya,,ga ada yang bisa menggantikan posisi Ayah sama siapapun..Ayah juga ga kasian sama ketiga anaknya Annisa..Ayah ingin bunda lebih mencintai Allah daripada Ayah kan...bunda kira inilah saatnya,,untuk bunda membuktikan kalo jodoh, rezeki dan maut itu Allah yang ngatur ‘Yah”

“Bundaa....”suaranya semakin rendah

“Selamat menempuh hidup baru ‘Yah, semoga keluarga Ayah mendapat berkah, sakinnah dan rahmh dari Allah”

Aku mengantar suamiku menuju mobil kijang yang sudah menunggu dari tadi, suamiku mengecup keningku untuk yang terakhir kalinya, hidup itu pilihan..setiap pilihan mengandung konsekuensi. Konsekuensi itulah yang nantinya harus dipertanggungjawabkan.

_TAMAT_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar